Apa itu Watermark : Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Bagi pengiat dunia media online baik itu Blogger, Youtuber dll, Watermark bukanlah sesuatu yang asing bagi mereka. Lalu apa itu watermark? Jika diartikan secara global watermark berarti air, mark berarti tanda.

Maka dapat disimpulkan jika pengertian Watermark merupakan suatu tanda kepemilikan, dalam hal ini baik berupa sebuah foto / gambar atau video berupa tulisan / simbol kecil yang tampak melayang pada suatu gambar atau video.

Mengapa itu mengambang? karena pola gambar untuk Watermark umumnya PNG bukan JPG atau JPEG. Karena PNG transparan saat dipasangkan pada gambar atau video.

Apa itu Watermark

Apa itu watermark ?

Pengertian Watermark atau tanda air adalah sebuah tanda yang disematkan oleh pemilik file (gambar , vidio ) baik berupa tulisan maupun gambar simbolik yang ada didalam foto atau vidio. Tanda-tanda ini umumnya digunakan untuk memberi tahu seseorang jika foto / vidio tersebut adalah ciptaannya sendiri.

Watermark umumnya terletak di kanan atau kiri bawah foto digital. Namun cukup dengan menempatkannya di tengah dengan tampilan yang kabur agar tidak mengganggu tampilan foto inti.

Apa itu watermark video ?

Watermark pada vidio adalah tanda yang menandakan video tersebut milik seseorang, sehingga orang lain tidak dapat mengajukan klaim secara sembarangan atas kepemilikan vidio.

Apa itu watermark tiktok ?

Watermark tiktok adalah tanda khusus yang secara otomatis dibuat oleh tiktok kepada penggunannya yang telah mengupload vidio kedalam platform mereka, sehingga setiap orang lain yang mendownload vidio dari creator tertentu di tiktok, maka mereka akan melihat label Watermark di dalam vidionya.

Apa itu watermark pada foto ?

Watermark pada foto merupakan penanda siapa yang telah membuat atau menciptakan sebuah foto tersebut. Jika, dibandingkan dengan menggunakan PC atau laptop, membuat dan menambahkan watermark pada gambar dan foto kini dapat dilakukan dengan mudah di smartphone.

Fungsi Watermark

Setelah Anda memahami arti dari watermark, maka Anda pasti bertanya apa sebenarnya peran penggunaan watermark? Pada dasarnya, seorang fotografer atau pembuat produk digital memberi watermark pada kreasinya sebagai penanda.

Berikut fungsi watermark yang penting untuk Anda kenali:

1. Hak Cipta

Watermark memiliki peran sebagai hak cipta untuk melindungi kreasi pembuatnya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Anda akan sering mengetahui tentang pembajakan ciptaan seseorang dan mengklaim bahwa ciptaan itu milik pembajak. Perlakuan pembajakan ini pasti akan membuat pencipta aslinya kalah.

Oleh karena itu dengan memberikan watermark akan melindungi kreasi dari perlakuan pembajakan.

2. Identitas

Fungsi watermark lainnya adalah sebagai identitas sebuah ciptaan agar lebih mudah diketahui oleh seseorang. Misalnya anda melihat foto panorama yang sangat bagus dan pada foto tersebut terdapat watermark di pojok kiri yang disematkan tanda khusus dari pemilik.

Watermark yang berperan sebagai identitas umumnya digunakan oleh institusi atau fotografer profesional yang memiliki banyak penggemar atau penggemar.

3. Promo

Watermark memiliki peran sebagai media promosi bagi beberapa orang atau pelaku usaha. Misal di media sosial terdapat foto dimana foto tersebut di embed dengan watermark dengan tulisan alamat restoran, hotel, minimarket atau tempat usaha lainnya.

Saat ini banyak pelaku usaha yang menggunakan watermark untuk promosi seperti e-commerce, situs penyedia jasa, dan lain-lain. Metode ini merupakan taktik pemasaran untuk memperkenalkan usahanya kepada seseorang dengan lebih mudah.

Kelebihan Watermark

Berikut beberapa kelebihan Watermark yang perlu anda ketahui :

  1. Meminimalkan video atau gambar kita diambil orang lain, karena ada tanda-tanda yang mengidentifikasikan / memiliki gambar / video tersebut.
  2. Jika gambar / video kita diambil oleh orang-orang dan di-share di media sosial, misalnya nama web kita otomatis akan terkenal.
  3. Karena saya seorang Blogger, berdasarkan pengalaman saya mempunyai foto dengan watermark, ketika foto kita digunakan oleh blogger / media / youtuber, terkadang ada yang memberikan Back-link.
  4. Apakah itu back-link? Back-link adalah link dari web / website yang menuju ke website saya. Dengan demikian secara otomatis pengunjung saya meningkat dan meningkatkan peringkat website saya.
  5. Selain melindungi video atau gambar kita, gambar / video yang di watermark memiliki seni tertentu jika penempatan watermark tersebut tidak mengganggu keindahan / seni gambar tersebut. Penempatan watermak umumnya di pojok kanan bawah pojok kiri atas dengan opacity yang bisa disamakan dengan kemauan kita.

Kekurangan watermark

Ada beberapa kekurangan watermark yang perlu anda ketahui juga :

1. Di cap pelit

Bisa saja anda diberi label pelit karena terdapat watermark pada foto terbitan yang tidak dapat digunakan seseorang, sehingga para pengguna lain malas untuk menggunakan foto dari anda.

2. Mengganggu tampilan gambar

Walaupun gambarnya bagus, entah hasil jepretan individual atau olahan dari komputer kita menarik, tapi jika penempatan watermark tidak tepat akan mengganggu tampilan gambar.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.