10 Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa Baru Kuliah

Teman teman mahasiswa tentu saja ingin merasakan berpenghasilan sendiri, atau untuk menutupi kebutuhan hidup selama masih dikampus. Tidak dapat diragukan lagi, banyak dari mereka yang menjalankan bisnis rumahan untuk mahasiswa untuk mendapatkan penghasilkan dari usaha sampingan, meskipun mereka masih belajar di perguruan tinggi. Banyak kesempatan usaha yang dapat dicoba untuk menambahkan pendapatan untuk mahasiswa.

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa

Bisnis Rumahan Untuk Mahasiswa

1. Penulis Artikel

Akhir – akhir ini banyak peluang kerja penulis terlepas/ freelancer, di mana banyak keperluan content writer dalam jumlah penulis terlepas yang banyak. Banyak dipost di media sosial atau di situs web.

Untuk mahasiswa – mahasiswa muda yang mempunyai ketrampilan dalam sektor penulisan atau mempunyai minat untuk menulis, sumber kesempatan usaha yang ini pantas untuk dicoba dan ditelateni.

2. Layanan Design Grafis

Design grafis, tentu saja sangat dianjurkan untuk beberapa mahasiswa yang fokus atau memperdalam sektor design, seperti anak Design Komunikasi Visual (DKV).

Mahasiswa – mahasiswa jalur lain juga dapat ambil kesempatan usaha ini tentu saja. Mereka yang mempunyai minat dalam sektor design grafis.

Yang mereka butuhkan ialah pengetahuan dari design grafis, seperti Adobe Potoshop, Corel Draw dan lain – lain.

 3. Layanan penerjemah

Dalam perkuliahan atau di luar sektor kuliah banyak dicari penerjemah yang profesional untuk menerjemahkan keperluan bahasa mereka.

Beberapa mahasiswa yang pakar dalam sektor bahasa, pasti berminat untuk mengambil usaha ini. Layanan yang mereka peroleh pun tidak sedikit, ingat banyak diperlukan penerjemah – penerjemah profesional di jaman global saat ini.

4. Pulsa Elektrik

Untuk beberapa mahasiswa, mereka masih memakai pulsa elektrik untuk berbicara dengan saudara atau keluarga kapan saja dan dimana saja. Meskipun, saat ini peranan paket data semakin lebih disukai oleh beberapa anak sekolah, tapi pulsa elektrik mengambil peranan dalam sektor komunikasi saat ini.

Usaha pulsa elektrik dapat dijajal oleh beberapa mahasiswa untuk mendukung karier mereka. Mereka dapat memperoleh konsumen setia di teritori universitas atau sama-sama anak fakultas.

Dengan demikian, saluran dana yang didapatkan mereka cukup buat menambahkan pendapatan dikit demi sedikit, dan beberapa mahasiswa sendiri dapat menggunakan uang hasil usaha ini untuk bayar uang kuliah atau beli keperluan saat kuliah.

5. Jasa photografi

Untuk beberapa mahasiswa yang jago atau senang dalam sektor photografi bisa memcoba memperdalam sektor yang ini. Kamu dapat jual hasil kreasi fotomu di web ini;

  • Shutterstock
  • Fotolia
  • Depositphoto
  • 123rf

6. Jasa printing

Usaha ini sangat cocok untuk mahasiswa, yang mempunyai alat print di rumah. Mereka dapat menawakan layanan print ke sama-sama mahasiswa lain untuk memakai layanan yang dia siapkan.

Dan beberapa mahasiswa lain tak perlu ribet – ribet kepercetakan, sebab beberapa mahasiswa yang mempunyai alat print tentu sudah tahu apakah yang mereka perlukan.

6. Groupband / Group musik

Mahasiswa yang mempunyai minat dalam sektor musik, dan banyak juga yang suka mendengarkan musik. Kesempatan usaha ini rasanya pas bagi meraka yang suka dengan musik.

Beberapa mahasiswa yang mencintai musik cuman membuat suatu groupband atau group musik selanjutnya mereka perlu berlatih secara optimal, setelah lalu manggung di daerah – daerah.

7. Dropship /reseller online

Usaha dropshop bisa juga disebut cukup memberikan keuntungan untuk beberapa mahasiswa, di mana beberapa mahasiswa tak perlu mempunyai sebuah produk untuk dipasarkan atau ditawarkan, tapi mereka tinggal menjual produk punya orang lain.

8.  Jasa perbaikan smartphone

Kesempatan usaha ini sangat pas untuk mereka, beberapa mahasiswa yang mempunyai ketrampilan di sektor IT. Atau bisa juga dicoba oleh mahasiswa lain yang senang dalam sektor IT.

Layanan perbaikan handphone memang banyak disukai oleh beberapa kelompok. Sebab hp android mereka sering kali alami eror secara tiba-tiba, dan beberapa mahasiswa yang memperdalam sektor ini bisa menjalakan usaha ini dengan sukses.

9. Usaha Franchise

Berikut keuntungan buka usaha franchise ;

  • Anda dapat mengawali usaha secara cepat.
  • Umumnya faksi franchise akan memberi suport berbentuk training. Sebab tiap franchise mempunyai standard produk dan manajemennya.
  • Ada suport dari sama-sama pebisnis franchise.

Untuk kamu mahasiswa yang pengin cari gagasan usaha franchise, berikut opsi franchise makanan dan franchise minuman di Indonesia.

10.  Jual barang Bekas

Jangan sampai menyepelekan barang bekas. Barang bekasyang tidak terpakai dapat Anda jual ke seseorang. Lihat di dalam rumah Anda ada barang apa yang kira-kira tidak terpakai, seperti timbunan koran, majalah, pakaian, benda dapur, rack buku, bangku, dan ada banyak yang lain. Jika dibiarkan barang bekas tersebut akan memenuhi rumah anda, mka lebih baik barang tersebut dijual saja.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.