Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan Sambil Belajar Sendiri

Bisnis properti adalah bisnis yang paling menarik. Karena jika dibandingkan dengan bisnis lain, bisnis properti merupakan bisnis yang tidak mengenal kata rugi. Masalahnya adalah nilai properti selalu meningkat setiap saat.

Seiring berkembangnya bisnis properti ini, memulai bisnis properti bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Ada langkah-langkah mudah yang dapat Anda ikuti dan Anda bahkan dapat memulai dengan rasio kecil terlebih dahulu.

Berkembangnya bisnis properti ini tidak terlepas dari kebutuhan akan properti yang semakin meningkat. Ditambah dengan harga yang mulai bervariasi dan semakin banyaknya penawaran “menggiurkan” yang membuat properti semakin dicari.

cara bisnis properti kecil kecilan

Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan

Jika Anda ingin terjun ke dunia properti, sebaiknya mulai dari langkah kecil hingga saat mencoba bermain dengan rasio yang lebih besar, Anda sudah tahu langkah bagus apa yang bisa menarik pelanggan. Jika Anda bingung cara bisnis properti kecil kecilan, berikut adalah caranya :

1. Menemukan target pasar

Target pasar adalah sesuatu yang perlu Anda tentukan sebelum memulai bisnis ini. Kelompok orang mana yang menjadi target pasar Anda. Apakah untuk warga golongan atas, golongan menengah, atau golongan bawah. Tentukan target pasarnya, tentukan motivasi kerja anda nanti.

2. Tentukan Jenis Properti

Setelah menentukan target pasar yang akan dibenahi, selanjutnya tentukan jenis properti yang akan Anda berbisnis. Properti yang banyak dipasarkan adalah tanah, rumah dan ruko. Karena selain harga yang terus naik, kebutuhan akan ketiga properti tersebut juga selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Baca juga :

3. Pendekatan

Pendekatan adalah hal terpenting yang harus dilakukan, apalagi jika bisnis properti Anda hanyalah “langkah kecil”. Pendekatan di sini adalah tujuan dari pendekatan emosional kepada pemilik properti. Anggap saja properti tempat Anda ingin berbisnis adalah dalam bentuk tanah.

Jika Anda ingin memulai bisnis properti skala kecil meski tanpa biaya, kemungkinan besar Anda bisa mencoba mendekati pemilik tanah yang menurut Anda memiliki prospek bagus jika membuat water boom. Dalam pendekatan ini yang perlu Anda garap adalah memberikan keyakinan bahwa lahan yang saat ini ‘tidur’ memiliki prospek bisnis yang bagus. Anda harus memberikan kepercayaan itu kepada pemiliknya.

4. Pengembangan web

Saat ini internet adalah bintang dari semua aktivitas. Hampir setiap kegiatan bersama yang dilakukan oleh warga saat ini berpusat di internet, yang menjadikan internet sebagai salah satu media promosi yang tepat untuk Anda coba. Ditambah lagi, dengan adanya internet tentunya Anda akan memangkas banyak biaya karena keefektifannya.

Misalnya dengan membuat web. Sekarang web sama seperti ponsel android di mana hampir semua orang bisa memilikinya. Karena web dipandang lebih efisien dalam memperkenalkan produk properti Anda kepada masyarakat luas. Faktanya, dengan situs web ini pasar Anda tidak hanya terbatas pada rumah Anda. Orang-orang yang berada di luar negeri memiliki kesempatan untuk menjadi pelanggan Anda.

Website yang Anda buat bisa berisi tentang trik dan tips jitu seputar properti yang paling dibutuhkan oleh penghuni yang ingin lebih banyak mengetahui tentang properti. Selain itu karena adanya website ini anda dapat membuat situs jual beli properti yang menjadikan website anda memiliki banyak keunggulan dibandingkan website yang sama.

5. Bergabung dengan Komunitas

Setelah Anda membuat web, penting bagi Anda untuk melakukannya setelah bergabung dengan forum. Baik komunitas yang ada di internet maupun komunitas yang berada di suatu tempat lain.

Tetapi usahakan komunitas yang Anda ikuti adalah komunitas tentang properti atau pemasaran. Karena di sana Anda akan mendapatkan apa yang Anda butuhkan, terutama cara bisnis properti yang lebih manarik dari orang lain.

6. Aktif di media sosial

Media sosial termasuk tempat berkumpul banyak orang didunia maya. Tanpa harus keluar rumah, dengan media sosial kita bisa ngobrol dengan rekan kerja yang berada jauh di luar kota. Selain sebagai sarana promosi yang banyak, media sosial juga bisa dijadikan sarana edukasi bagi warga dan caranya sangat mudah diterapkan.

Setelah Anda menentukan tipe properti yang ingin Anda huni, langkah selanjutnya adalah mulai mengedukasi kolega Anda di media sosial tentang pentingnya kebutuhan properti.

Anda bisa share artikel tentang keutamaan properti, menuliskan beberapa tips memulai bisnis properti, atau tentang keunggulan bisnis properti.

Lakukan hal ini secara stabil dan terus menerus untuk memberikan kesan kepada kolega Anda jika Anda adalah seseorang yang ahli di bidang properti.

Jika Anda berhasil mendidik dan memberikan kepercayaan kepada rekan-rekan Anda di media sosial, tentunya ketika mereka membutuhkan properti atau sekedar panduan untuk mendapatkan properti yang diinginkan, mereka pasti akan menghubungi Anda. Jika itu terjadi, Anda perlu menawarkan properti yang Anda miliki kepada mereka.

7. Menjelaskan Dengan cermat

Setelah seseorang menelepon Anda untuk meminta properti, di sini Anda mulai menawarkan properti yang Anda miliki. Katakanlah properti Waterboom sekarang. Yang penting untuk Anda lakukan adalah menjelaskan kepada mereka detail properti yang Anda miliki sejelas mungkin agar mereka mendapatkan cerita nyata tentang properti Anda meskipun kemungkinan properti Anda tidak ada.

Tetapi dengan informasi terperinci, peluang mereka untuk menjadi pelanggan Anda sangat besar. Anda perlu memberi mereka kepercayaan diri jika properti Anda memiliki banyak keuntungan dan mereka tidak akan rugi jika memilikinya.

Baca juga :

8. Berikan Promosi

Promosi sebagai salah satu hal yang sering dicari. Apalagi saat mendekati beberapa hari libur atau hari libur nasional. Jadi buatlah promosi yang menarik untuk memikat calon konsumen agar mendekat.

Misalnya cicilan yang dimulai dengan 40 bulan menjadi 38 bulan atau DP 0%. Karena properti dianggap sebagai kebutuhan primer manusia, tentunya promosi yang diberikan akan berdampak pada bisnis properti skala kecil Anda.

9. Beri Agunan Dan Jaminan

Jika Anda memperdalam bisnis properti rumah Anda, langkah ini cukup baik untuk menarik calon konsumen Anda untuk membeli properti Anda. Artinya, beri mereka jaminan jika suatu saat properti yang Anda jual bermasalah. Misalnya memberikan agunan jika sudah siap mengurus PBB atau Sertifikat Rumah yang Anda jual jika ternyata PBB yang akan datang atau Sertifikat Tanah yang ada bermasalah.

10. Menjadi Agen Properti

Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini jika anda ingin belajar cara bisnis properti kecil kecilan. Karena walaupun belum memiliki properti yang ingin dipasarkan, Anda tetap bisa berbisnis properti.

Triknya adalah menjadi agen properti. Yang penting untuk Anda lakukan adalah mengumpulkan data sebanyak mungkin tentang berbagai jenis properti untuk Anda pasarkan ke target pasar Anda.

Namun untuk langkah ini, pengetahuan Anda tentang kondisi riil properti harus sepenuhnya Anda kendalikan. Memberi informasi yang terlalu dibesar-besarkan akan membuat Anda rugi nantinya.

11. Bisnis homestay

Usaha ini bisa Anda jadikan alternatif jika memiliki rumah yang cukup besar dengan jumlah kamar yang cukup banyak. Caranya adalah dengan menyewa kamar dengan pembayaran sebulan sekali.

Beberapa orang di luar sana yang membutuhkan ruangan, misalnya karyawan atau mahasiswa. Bisnis homestay ini termasuk salah satu bisnis yang paling diminati dengan modal yang relatif kecil. Jika bisa memberikan promosi yang menarik, bisnis homestay ini akan menjadi bisnis yang memiliki prospek yang ceria.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.