Cara Menjadi Eksportir Ikan Laut Bagi Pemula, Yuk dipelajari

Lagi mencari cara ekspor ikan laut? jika begitu anda telah datang pada halaman yang tepat, karena disini akan mengulas untuk anda. Tapi, sebelum mengetahaui cara ekspor ikan laut, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang ekspor.

Apa itu ekspor?

Ekspor adalah proses mengubah suatu komoditas atau barang dari satu negara ke negara lain. Proses ini juga sering dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis baik dengan bisnis skala kecil dan besar sebagai strategi utama untuk dapat bersaing secara internasional dan bekerja di pasar dunia yang sangat kompetitif dan terbuka lebar.

Alasan mengapa strategi ekspor ini digunakan adalah karena risiko yang lebih rendah, modal yang lebih kecil, penetrasi laba yang lebih besar, dan lebih mudah daripada strategi lainnya. Selain itu, perdagangan bebas antara satu negara dan beberapa negara lain adalah konsep ekonomi dalam penjualan produk tanpa pajak ekspor-impor dan hambatan perdagangan lainnya.

Di sisi lain, jika kita melihat potensi Indonesia dari awal hingga sekarang, yang akan muncul di benak adalah negara maritim yang luas dikelilingi oleh lautan sehingga berpotensi menjadi negara produsen atau eksportir terbesar untuk produk perikanan.

Cara ekspor ikan laut

Berikut beberapa cara ekspor ikan laut yang perlu anda perhatikan :

1. Memenuhi Persyaratan Internal

Hal dasar ketika Anda mendominasi cara mengekspor ikan laut adalah untuk melengkapi semua persyaratan internal. Karena ada sejumlah syarat dan kewajiban yang harus Anda penuhi dan penuhi ketika Anda ingin menjadi eksportir perikanan. Persyaratan ini telah ditentukan oleh BKIPM yang merupakan agen cabang dari KKP. Dimana persyaratan pertama yang harus Anda selesaikan adalah memiliki SKP atau surat kelayakan pengelolahan. Ini adalah huruf pertama ketika Anda akan mendirikan unit pemrosesan ikan atau biasanya singkat dengan UPI.

Kemudian diikuti dengan sertifikat yang menyatakan bahwa institusi Anda telah menjalankan sistem manajemen kualitas yang baik, di mana sertifikat tersebut dikeluarkan oleh BKIPM. Selanjutnya produk ikan laut yang akan ada ekspor juga perlu dilengkapi dengan HC atau sertifikat kesehatan yang merupakan sertifikat kesehatan ikan, di mana sertifikat ini nantinya akan dikeluarkan oleh UPT BKIPM di Indonesia. Produk ikan laut yang akan Anda ekspor nanti juga harus memiliki SPM, yaitu surat persetujuan pemuatan.

2. Mencari Asal Ikan Laut

Produk ikan laut yang nantinya akan diekspor harus diketahui terlebih dahulu dari asalnya atau yang biasa disebut traceability. Ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya ikan laut yang merupakan hasil dari penangkapan ikan ilegal atau penangkapan ikan ilegal atau prosedur yang dilarang (pencurian dan pemberantasan ikan). Jadi meskipun ikan laut yang akan diekspor adalah hasil tangkapan nelayan kecil, mereka tetap harus melakukan prosedur yang benar. Di mana tangkapan ikan laut harus jelas sumber dan asal penangkapan.

3. Kualitas dan Kualitas

Selain 2 hal penting di atas, kualitas produksi ikan laut yang akan diekspor juga harus dipertimbangkan, serta cara bisnis ikan laut dikonsumsi. Di mana produk yang lebih mudah rusak atau mudah rusak yang akan diekspor memiliki fitur berbeda untuk penanganan yang lebih baik. Ini adalah salah satu poin yang harus dilakukan dalam cara mengekspor ikan laut. Ikan yang telah ditangkap akan dikelola dengan baik dan memiliki jaminan kualitas sehingga masih layak untuk dimasukkan ke dalam industri dan menyelesaikan tujuan perdagangan internasional.

4. Memiliki Pengetahuan Tentang Pasar Internasional

Ketika Anda memutuskan untuk belajar cara mengekspor ikan laut, maka Anda perlu belajar dan memperbanyak sebanyak mungkin berbagai informasi penting terkait pengetahuan pasar yang nantinya akan menjadi target bisnis ekspor Anda.

Kecerdasan pasar adalah pengetahuan dasar yang akan membawa Anda untuk mencapai tujuan dalam menembus pasar internasional. Ada berbagai cara untuk menjadi efektif dalam mendapatkan pengetahuan tentang pasar internasional seperti mengetahui kualitas barang, melakukan survei pasar, mengetahui harga pesaing, data tentang pasar dan mengenali produk serupa di pasar sasaran Anda.

Bahkan dengan menjadi salah satu peserta pameran perdagangan internasional yang diadakan di luar negeri juga dapat menambah pengetahuan dasar tentang pasar internasional yang benar-benar Anda butuhkan.

5. Pencarian Database BPEN

Agar bisnis ekspor ikan laut Anda berjalan dengan lancar, Anda juga harus mencari database dari BPEN atau lembaga pengembangan ekspor nasional yang merupakan salah satu lembaga yang melakukan bimbingan dan koordinasi pada pengembangan ekspor.

Ini adalah lembaga yang akan mengikuti dan melakukan pameran dagang yang akan dilakukan di suatu negara. Tujuan dari acara ini adalah untuk secara aktif mengundang beberapa pedagang dan nelayan di Indonesia untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kegiatan ekspor yang akan meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dengan pembeli di negara lain.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini. kabarCoin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.