Cara Membuka Usaha Butik Hijab Dengan Modal Terbatas

Kini jilbab telah menjadi salah satu tren mode global. Bahkan, desainer berlomba-lomba menciptakan model jilbab yang cantik dan bagus, sehingga memperlajari cara membuka usaha butik hijab bisa menjadi peluang tersendiri.

Di Indonesia sendiri, banyak wanita menggunakan jilbab, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Dengan begitu, secara otomatis kebutuhan akan hijab semakin meningkat karena setiap orang yang menggunakannya mungkin tidak hanya memiliki satu hijab. Tentunya, mereka membutuhkan banyak jilbab mulai dari berbagai warna dan model sehingga pakaian yang dikenakan akan terlihat serasi.

Inspirasi untuk memulai bisnis bisa datang dari mana saja, ada yang memulai karena hobi, ada yang memulai karena mereka melihat situasi dan kondisi. Jika Anda adalah orang pintar tentang peluang bisnis, dengan melihat meningkatnya kebutuhan akan jilbab, Anda akan mempertimbangkan ini untuk memulai bisnis jilbab.

Memang benar memulai bisnis tentu tidak mudah. Banyak yang harus dipersiapkan agar bisnis yang dikelola berjalan lancar dan mendapat untung besar. Salah satu kendala utama bagi Anda yang ingin membuka usaha adalah modal. Tapi jangan berkecil hati begitu saja, ada cara lain Anda bisa mewujudkan keinginan Anda untuk memulai.

Cara membuka usaha butik hijab

1. Tentukan Target Pasar

Seringkali pada tahap ini diabaikan oleh pemula usaha butik hijab. Padahal menentukan Target Pasar sangat penting untuk memasarkan produk yang akan anda jual. Pangsa pasar adalah salah satu strategi pemasaran yang membagi sebagian dari permintaan keseluruhan untuk produk yang mencerminkan kelompok konsumen, seperti tingkat pendapatan, usia, jenis kelamin, pendidikan dan status sosial. Karena Anda akan memulai bisnis jilbab atau kerudung, yang harus Anda fokuskan adalah usia. Tentukan usia yang akan Anda targetkan konsumen.

2. Ikuti Perkembangan Model Hijab

Pastikan sebelum memutuskan model hijab yang akan diproduksi, Anda harus terlebih dahulu mensurvei kursus sesuai dengan tren fashion dengan usia yang Anda jadikan target konsumen. Anda dapat memonitor melalui televisi, majalah dan media sosial seperti di Intagram, Facebook, Twitter atau lompat langsung ke pasar. Pastikan Anda terus mengikuti tren fashion hijab, sehingga konsumen tertarik untuk terus mengunjungi toko Anda.

3. Pilihlah Bahan yang Tepat

Jangan hanya memilih bahan. Poin ini sangat penting untuk dicatat karena berkaitan dengan suka atau tidak suka konsumen dengan jilbab atau kerudung yang Anda hasilkan. Pilih bahan berkualitas baik dan cocok untuk model jilbab yang Anda pilih. Dalam hal ini, banyak mencari informasi sangat dianjurkan untuk mendapatkan produk jilbab kualitas terbaik.

Baca juga : 7 Kiat Jitu Menjalakan Usaha Kue Kering Untuk Pemula Biar Laku

4. Tentukan Harga Terbaik

Karena Anda baru memulai usaha butik hijab, jangan langsung memberi harga tinggi. Persempit harga sesuai kualitas, biaya produksi, dan untung kecil. Tujuannya adalah agar jilbab atau kerudung yang Anda hasilkan diketahui semua orang terlebih dahulu. Jika sudah ada banyak orang yang memesan dan menyukai produk Anda, maka peningkatan keuntungan secara bertahap dapat dilakukan.

5. Pilih Media Online yang Tepat

Bagi Anda yang tidak memiliki modal cukup untuk membuka toko offline, berbisnis online adalah tahap awal yang baik. Pilih media online yang banyak digunakan oleh target antara Instagram, Facebook atau Twitter. Meskipun sulit mendapatkan kepercayaan dengan cepat, tetapi dengan kesabaran, kerja keras, dan kerja keras, Anda akan mendapatkan hasil yang agak besar. Karena online, Anda dapat menjangkau pelanggan target Anda secara lebih luas.

6. Buat Strategi Promosi yang menarik

Promosi dalam penjualan adalah salah satu cara untuk menarik pelanggan. Selain itu, juga dapat meningkatkan penjualan produk sehingga mereka cepat mendapatkan keuntungan. Artinya, Anda diharuskan membuat promosi semenarik mungkin, seperti diskon untuk produk, hadiah atau undian untuk membeli 1 dapatkan 1.

7. Konsep Tampilan Yang manarik

Tampilan juga merupakan salah satu yang harus diperhatikan. Semakin baik penampilan, tentu saja, semakin menarik pelanggan untuk mengunjungi toko Anda. Pada tahap ini, Anda dituntut untuk kreatif dalam membuat penampilan yang menarik. Mulai dari foto produk, desain, pemilihan tipografi pada gambar hingga deskripsi singkat masing-masing gambar.

8. Gunakan Tagar Khusus Saat Promosi

Agar toko hijab online Anda diketahui oleh banyak orang, gunakan tagar atau tagar di setiap posting produk Anda, misalnya #hijab #hijabkekinian #hijabmurah dan sebagainya. Semakin banyak tagar yang terkait dengan produk hijab yang Anda jual, semakin besar peluang bagi pelanggan untuk mengunjungi toko online Anda. Karena beberapa orang mencari jilbab, mereka menggunakan tagar untuk memudahkan menemukan jilbab yang diinginkan.

9. Respon Dengan ramah Pelanggan anda

Layanan ini juga merupakan penilaian pelanggan terhadap toko online Anda. Bersikap ramah dan responsif terhadap konsumen, membuat mereka merasa nyaman dan tidak akan beralih ke tempat lain. Jadi cobalah untuk menjaga pelayanan yang baik.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.