Cara Membuka Usaha Cuci Mobil dan Motor Modal Kecil

Usaha cuci mobil dan motor rupanya semakin mudah dan tumbuh subur. Selain timbulnya mobil yang murah, peningkatan penghasilan orang indonesia mengakibatkan jumlah kendaraan beroda 4 ini melesat tajam. Patut saja bisnis cuci mobil dan motor lari manis walau semakin banyak saingan. Terus, bagai cara membuka usaha cuci mobil dan motor ?

Cara Membuka Usaha Cuci Mobil

Singkatnya inilah langkah mengawali usaha cuci mobil.

  1. Tentukan tipe usaha cuci mobil yang bakal anda membuka. Tetapkan dulu ide upayanya seperti apakah. Apa Anda jalankan bisnis bersihkan mobil manual, car wash automatis, atau robotic.
  2. Siapkan modal sama usaha cuci mobil yang sanggup anda keluarkan
  3. Posisi – Posisi – Posisi. Mencari posisi yang tepat. Posisi luas dengan tempat vital dan punyai aliran air yang bagus jadi alasan awalnya saat menentukan posisi.
  4. Beli kepentingan usaha. Dimulai dari alat khusus seperti hidrolik, mesin car wash automatis, sampai semua cairan dan peralatan.
  5. Mengambil dan mengurus pegawai.
  6. Promokan usaha anda dan jaga konsumen setia supaya kembali.
  7. Membuat usaha sambilan untuk menambahkan untung, misalkan berjualan minuman ringan.

Baca juga : Bisnis Rental Mobil ke Perusahaan Makin Menjanjikan

Modal Usaha Cuci Mobil

Singkatnya modal usaha yang anda perlukan semacam ini, saya akan menerangkan ditabel dibawah ini.

a. Modal :
Paket Alat Cuci Mobil :    51.000.000
Radio dan meja kursi Tunggu :      2.000.000
Pembuatan sumur :      5.000.000
Tulisan Spanduk cuci mobil :          100.000
Total modal  Usaha Cuci Mobil :    58.100.000

Biaya Operasional Bulanan

Biaya operasional perbulan adalah seperti berikut :

Biaya Operasional Bulanan
Sewa Lokasi :      1.500.000
Sampo mobil untuk 1 bulan :          200.000
Kanebo :            80.000
Semir Ban :          140.000
Air Minum :          60.000
Gaji tetap 2 karyawan
(belum termasuk bagi hasil)
:      1.500.000
Listrik dan Air :      1.000.000
Bahan Bakar Kompresor :          400.000
Total biaya operasional cuci mobil      4.880.000

Menganalisa Keuntungan Usaha Cuci Mobil

Jumlah mobil yang dicuci setiap hari bervariatif. Hari sabtu umumnya lebih laku dibanding hari lain. Terkadang sepi, misalkan saat musim penghujan sedang deras derasnya. Untuk mempermudah penghitungan kita asumsikan anda membersihkan 10 mobil setiap hari atau 300 mobil satu bulan.

Biaya cuci mobil 35.000 x 300    10.500.000
Fee Karyawan   5.000 x 300      1.500.000  –
Penghasilan pemilik      9.000.000
Biaya Operasional bulanan      4.880.000  –
Keuntungan bersih      4.120.000

cara membuka usaha cuci mobil dan motor

Cara Membuka Usaha Cuci Motor

Karena jasa cuci motor semakin diminati, pelaku usaha di bidang ini pun semakin banyak, terbukti dengan banyaknya tempat cuci motor yang sering kita jumpai di berbagai lokasi. Ada yang menjalaninya sebagai sumber penghasilan utama, banyak yang menjadikannya bisnis sampingan.

Tips Penting Memulai Bisnis Cuci Motor

Jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis ini, tidak ada kata terlambat untuk memulainya, karena saat ini bisnis ini dinilai masih memiliki prospek yang bagus. Toh bisnis ini tidak membutuhkan keahlian khusus yang rumit selain belajar mencuci motor dengan benar menggunakan peralatan yang diperlukan, dan melayani pelanggan dengan baik.

Memang untuk memulai bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan besar, sekitar lebih dari Rp. 20 juta untuk membeli peralatan, belum termasuk menyiapkan tempat atau lokasi.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui saat Anda sedang merencanakan bisnis cuci motor:

1. Pelajari cara mencuci motor dengan benar

Mencuci sepeda motor sepertinya pekerjaan mudah yang bahkan semua orang bisa melakukannya. Namun ternyata tidak semudah itu mencuci motor hingga bersih maksimal, karena ada bagian yang perlu dibersihkan dengan hati-hati, misalnya mesin dan sela-sela. Jika Anda tidak mengerti cara membersihkannya dengan benar, Anda dapat merusak mesin dan membuatnya berkarat.

Oleh karena itu, cara mencuci motor yang baik perlu dipelajari terlebih dahulu, misalnya dengan memperhatikan orang yang mencuci motor saat akan menggunakan jasa cuci motor. Perhatikan mereka mencuci sepeda motor. Jika hasilnya bagus, Anda bisa meniru cara kerjanya.

2. Menyiapkan tempat usaha di lokasi yang strategis

Seperti banyak bisnis lainnya, lokasi merupakan faktor penting yang mempengaruhi kelangsungan bisnis. Tempat yang strategis akan sangat mendukung kelancaran bisnis jasa cuci motor ini. Tentunya banyak juga faktor lain yang harus diperhatikan dalam memilih suatu lokasi, termasuk apakah ada yang pernah membuka usaha serupa di daerah tersebut.

Setelah menemukan lokasi yang tepat, siapkan ruang usaha yang memadai, yang mampu menampung beberapa sepeda motor sekaligus sambil mencuci. Selain itu, dibutuhkan juga ruang untuk ruang tunggu dengan meja pembayaran, serta untuk tempat parkir sepeda motor pelanggan yang sedang antri.

3. Siapkan peralatan untuk membersihkan motor

Pencucian motor sebaiknya dilakukan dengan bantuan peralatan yang memadai agar lebih praktis, bersih dan cepat yaitu dengan mesin cuci motor seperti kompresor dan mesin uap. Akses air bersih di lokasi usaha juga harus lancar. Ada juga perlengkapan lain yang harus disiapkan sejak awal, seperti spons, cairan pembersih, sikat, kain lap, semir ban, dan lain sebagainya.

Agar usaha pencucian motor anda lebih profesional dan banyak diminati oleh konsumen, dan jika mempunyai modal lebih gunakan peralatan yang dapat memiliki efek mencuci salju. Anda juga bisa menyediakan sistem hidrolik agar motor bisa terangkat untuk bisa membersihkan bagian bawah motor dengan lebih maksimal.

Jika sistem hidrolik terlalu mahal, untuk menyiasatinya gunakan besi yang dilas dan dibuat bentuknya yang memungkinkan motor diparkir lebih tinggi, sehingga bagian bawahnya bisa dibersihkan.

4. Merekrut karyawan

Setidaknya Anda membutuhkan 2 atau 3 karyawan di awal usaha ini untuk membantu kebersihan sepeda motor pelanggan. Jasa cuci motor biasanya mempekerjakan karyawan laki-laki, karena pekerjaannya cukup berat.

Yang terbaik adalah menemukan seseorang yang mau dan mampu bekerja keras, teliti, dan bisa ramah kepada pelanggan. Jika tidak berpengalaman, mereka perlu belajar menggunakan peralatan dengan baik agar bisa cepat mencuci motor dengan hasil bersih.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.