Cara Memulai Bisnis Online shop Biar Menguntungkan

Dengan biaya hidup yang tinggi, sekarang pendapatan primer terkadang tidak mencukupi. Dengan demikian, Anda terpaksa mencari alternatif penghasilan lain, maka mempelajari cara memulai bisnis online shop sangat penting untuk anda.

Bisnis online Shop adalah tanah yang berpotensi memberikan manfaat. Dengan modal kecil, Anda dapat memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja Anda. Bisnis online Shop menawarkan penawaran menarik dengan risiko rendah dan potensi laba tinggi.

Cara memulai bisnis online shop

Berikut ini merupakan cara memulai bisnis online shop yang harus anda pahami terlebih dahulu.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Langkah pertama adalah menentukan produk atau layanan yang ingin Anda jual. Pikirkan baik-baik apa hasrat Anda dan berpotensi untuk diperdagangkan.

Jika Anda masih bingung, coba tips berikut:

  • Lihatlah ke sekeliling Anda, sehingga Anda dapat menentukan apakah produk atau layanan itu dibutuhkan dan diminati oleh banyak orang.
  • Menjadi pemecah masalah, ketika Anda menemukan masalah di sekitar, pikirkan produk atau layanan yang bisa menjadi solusinya.
  • Perhatikan kemampuan, pengetahuan, dan hasrat Anda, pikirkan apa yang bisa Anda jual lebih baik daripada yang lain.
  • Pikirkan tentang bagaimana produk atau layanan dapat ditukar menjadi nilai yang berarti.

Baca juga : Cara Membuka Bisnis Online Dengan Mudah Bagi Pemula

2. Memiliki Toko Online

Selanjutnya, Anda perlu menentukan cara dalam proses jual beli. Apakah Anda ingin membuka toko, atau membuka situs web?

Karena dalam topik ini yang dibahas adalah bisnis online, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka situs web, pasar, obrolan media sosial, atau akun media sosial sebagai bahan.

Pastikan media tepat dan menargetkan target pembeli produk atau layanan yang Anda jual, misalnya:

  • Jika Anda ingin menargetkan kaum muda, gunakan media sosial yang populer di kalangan kaum muda seperti Instagram dan Twitter.
  • Jika Anda ingin menargetkan keluarga dan grup yang lebih luas, Anda dapat menggunakan BukaLapak atau Facebook.

3. Mempelajari Pemasaran Digital

Setelah toko tersedia, sekarang saatnya untuk mulai berjualan. Namun sayangnya tidak peduli seberapa bagus produk atau layanannya, akan sia-sia jika produk tersebut tidak diketahui orang.

Anda dapat memulai pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya.

Saat ini, internet telah sangat membantu, dan aksesnya mudah dan luas. Dengan demikian, media sosial sekarang menjadi salah satu alat pemasaran yang efektif.

Selain itu, gunakan juga marketplace untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan layanan di pasar, produk Anda akan dikenal publik lebih cepat.

Nah, jika keduanya masih kurang efektif, Anda dapat membuat blog yang sederhana dan gratis, melalui blogger, media, tumblr atau situs lainnya. Fungsinya sebagai tempat menulis testimonial, deskripsi produk dan sebagainya.

Terakhir, gunakan teknik pemasaran yang lebih komprehensif seperti memanfaatkan SEO di situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, Anda secara tidak langsung mempermudah pencarian produk Anda di dunia maya.

4. Hati-Hati dengan Manajemen Keuangan

Masalah keuangan adalah salah satu penyebab utama kegagalan toko online. Banyak yang jatuh ke dalam kegagalan hanya karena mereka gagal mengelola keuangan mereka.

Jika Anda ingin sukses dalam memulai bisnis toko online, mulailah mempertimbangkan pentingnya manajemen keuangan. Misalnya dengan memperlakukan bisnis dengan para profesional.

Contohnya adalah memisahkan uang pribadi dan uang bisnis sehingga tidak pernah tercampur.

Maka Anda harus mulai menentukan modal awal bisnis, seperti biaya lisensi bisnis, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya.

Biaya ini kemudian diikuti oleh biaya operasional seperti biaya perawatan, pemasaran dan periklanan, biaya produksi, bahan baku, upah karyawan, dan sebagainya.

Anda dapat membuat sistem keuangan Anda sendiri atau menyewa layanan akuntan sehingga sistem menjadi lebih jelas dan lebih aman.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini. kabarCoin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.