Cara Menjalani Hidup Dengan Bahagia Dari Muda Sampai Tua

Beberapa orang mengira arti hidup adalah kebahagiaan, tapi apa jadinya jika tidak bahagia? Anda harus menyaksikan kebahagiaan sebagai akibatnya saja. Jika hati ini ada, terimalah dengan sukacita. Namun, Anda harus menyadari bahwa kebahagiaan adalah hal yang sementara dan tidak dapat diprediksi.

Apa itu Bahagia ?

Bahagia adalah bersyukur dengan keadaan emosional baik itu suka ataupun duka dan dijalani dengan penuh syukur dan kesenangan. Pengertian ini bisa berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Namun, karakter intinya adalah kepuasan dengan kehidupan atau peristiwa yang diambil.

Definisi kebahagiaan menurut ahli

Berikut beberapa definisi bahagia menurut ahli yang perlu anda ketahui :

1. Meik Wiking

Wiking ialah penulis buku The Little Book of Hygge: Danish Secrets to Happy Living. Menurut dia, berbahagia tidak cuma bersumber dari uang. Analoginya ialah seorang tentu berasa senang jika bisa penuhi keperluan dasarnya dengan uang.

Tetapi kemudian, uang yang tersisa tidak bisa mendatangkan kebahagiaan. Ada law of diminishing return di sini. Maknanya, kebahagiaan seperti mempunyai rumah sendiri pada akhirannya akan kembali datar . Maka, nikmatilah prosesnya, bukan hasilnya.

2. Walter A. Pitkin

Penulis buku The Psychology of Happiness ini membandingkan rasa berbahagia dengan emosi yang mengikuti seperti senang dan nyaman. Menurut dia, untuk dapat berbahagia tidak cuma hasil dari kesempatan atau peruntungan.

Lebih jauh lagi, berbahagia tidak cuma terkait dengan kesehatan fisik atau panjang usia saja, tetapi jalani hidup yang memiliki makna.

3. Martin Seligman

Dikenali sebagai bapak positive psychology, Seligman mengatakan ada 3 tipe kebahagiaan :

  1. Pemberian dan terasa nyaman
  2. Perwujudan kemampuan dan kebijakan
  3. Arti dan arah hidup

Ke-3 tipe komponen di atas sebagai elemen yang menolong tercapai kebahagiaan dan arti hidup. Melalui psikologi positif juga, kekuatan untuk berasa senang dalam jangka panjang yang dapat diwujudkan.

4. Ed Diener

Seorang ahli yang lahir di tahun 1946 ini juga dikenal bernama Dr. Happiness. Ia sering pimpin riset mengenai psikologi positif. Diener figur yang pertama kalinya menggagas istilah “subjective wellbeing“, elemen kebahagiaan yang dapat diukur.

Menurut dia, kebahagiaan memiliki kandungan elemen genetik yang demikian kuat. Itu penyebabnya, rasa berbahagia dapat berjalan cukup instant.

Cara Menjalani Hidup Dengan Bahagia

Baca juga : Apa Itu Watermark : Pengertian, Fungsi Dan Kelebihannya

Cara Menjalani Hidup Dengan Bahagia

Berikut cara menikmati hidup supaya anda bisa menjalani hidup dengan bahagia dari muda sampai tua :

1. Bersyukur

Bersyukur atas apa yang Anda miliki saat ini dalam hidup Anda. Karena dengan mengucapkan syukur, anda akan bisa lebih menghargai hidup dan tentunya membuatmu bahagia saat menjalani hidup.

Mengucapkan syukur juga merupakan perlakuan terkecil dan terbesar yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kebahagiaan. Anda tidak perlu keluar rumah atau membeli barang mahal.

2. Optimis

Beberapa orang sukses adalah mereka yang memiliki sikap percaya diri. Dua orang yang menghadapi bencana serupa tidak yakin akan mengalami akhir yang sama jika keduanya memiliki karakter yang berbeda.

Orang dengan rasa optimisme yang lebih besar memiliki kecenderungan untuk bangun dari kegagalan lebih cepat. Kegagalan atau bencana akan lebih disaksikan sebagai bahan evaluasi untuk terus berkembang.

3. Jangan terlalu banyak berpikir

Bagaimana rasanya jika Anda dibandingkan dengan orang lain? Apakah senang selalu dibandingkan? Tentu tidak. Terkadang manusia menjadi sangat keras pada diri mereka sendiri dengan membandingkan.

Masalahnya, akan selalu ada lebih banyak orang daripada Anda. Itu akan selalu lebih muda, lebih tampan, lebih cantik, dan lebih banyak orang lain.

Jika Anda membutuhkan perbedaan untuk melihat sejauh mana Anda telah berkembang, jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain.

Tapi, jaga dirimu. Bandingkan diri Anda sekarang dengan 1 atau 5 tahun terakhir, mana yang lebih baik? Dengan itu, Anda menjadi individu yang lebih bahagia.

4. Memberi kepada siapapun

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “Tangan yang Anda bantu hari ini dapat menjadi tangan yang akan membantu Anda di hari berikutnya?” Namun, jangan egois dalam melakukan perbuatan baik. Beramal kepada siapapun dan apapun.

Melakukan perbuatan baik melepaskan hormon yang disebut serotonin di otak. Serotonin adalah hormon yang bisa membuat Anda lebih cerah dan bahagia. Melakukan perbuatan baik akan menjadikan Anda pribadi yang tidak mementingkan diri sendiri dan otomatis akan memudahkan Anda menyaksikan indahnya hidup.

5. Pererat Tali Silaturrahmi

Beberapa orang yang bahagia cenderung kuat dan bermakna. Mereka tidak larut dalam kebahagiaan melalui barang-barang yang mudah rusak. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa angka kematian akan meningkat dua kali lipat jika merasa sendirian.

Karena dimulai dari sekarang, luangkan waktu hanya untuk berbicara dengan beberapa orang yang menurut Anda penting. Tuliskan email, SMS, atau telepon mereka dan perbaiki ikatan yang longgar karena Anda terlalu sibuk.

6. Belajar bangkit ketika terpuruk

Akan ada peristiwa dalam hidup Anda ketika semuanya melampaui ide. Anda melakukan yang terbaik tetapi mendapatkan hasil yang terburuk.

Sulit untuk bangun begitu cepat dari keterpurukan. Namun, Anda harus merencanakan naik turunnya kehidupan. Duduk saja, pikirkan apa yang terjadi, sejauh mana hal ini memengaruhi hidup Anda dan apa yang dapat Anda upayakan untuk bangun.

7. Belajar memaafkan

Tidak suka adalah karakter yang berbahaya. Anda akan dibutakan untuk menyaksikan beberapa hal indah dalam hidup karena karakternya tidak menyukainya. Karena itu belajarlah untuk memaafkan. Memaafkan tidak berarti Anda bisa terus memahami kesalahan seseorang.

8. Konsentrasi

Alasan mengapa orang merasa tidak bahagia adalah karena mereka tidak berkonsentrasi. Berkonsentrasi pada apa pun yang Anda lakukan. Ini akan memberi Anda pemahaman yang lebih besar tentang nilai utilitas dari sesuatu yang sedang ditangani.

9. Ciptakan pengalaman baru setiap hari

Suatu hal yang rutin tentu menimbulkan rasa bosan. Sama halnya dengan tambak yang tidak memiliki pengairan yang baik. Air di kolam itu kotor dan kotor. Hal yang sama terjadi pada hidup Anda jika tidak ada pengalaman baru.

10. Berdoa

Berdoa tidak harus sama dengan pergi ke tempat ibadah. Berdoa bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Ketika Anda berdoa, oleh karena itu Anda tahu ada kemampuan yang lebih besar daripada Anda di luar sana.

Itu akan membuat Anda Itu memungkinkan kita untuk terhubung ke sumber dalam beberapa hal yang ada dalam hidup.

11. Jaga tubuh Anda

Anda mungkin merasa muda tetapi tubuh Anda tidak berbohong. Jika Anda tidak merawat tubuh Anda, sangat sulit untuk menikmati hidup. Olah raga bukan hanya untuk membuat tubuh menjadi bugar, tapi membuat tubuh menjadi rileks. Olahraga akan menjaga energi psikis (konsentrasi), emosi, dan energi religius Anda.

12. Ketahui kapan harus berhenti

Hidup yang terlalu indah diambil dengan tergesa-gesa. Namun karena ada teknologi, manusia cenderung menginginkan sesuatu yang instan. Satu hal diambil dengan tergesa-gesa. Berhentilah sejenak, perhatikan dan rasakan di sekitar Anda.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.