Contoh Investasi Dalam Kehidupan Sehari Hari Untuk Diketahui

Sebenarnya, ketika datang untuk berinvestasi secara sadar atau tidak sadar, Anda pasti pernah melihat contoh investasi dalam Kehidupan sehari hari.

Segala sesuatu yang menggunakan tenaga, pikiran, waktu dan uang dapat dikatakan sebagai kegiatan investasi. Misalnya Anda belajar sebagai investasi agar nantinya Anda memiliki pengetahuan yang baik dan mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan Anda.

Atau membeli barang yang Anda inginkan sebenarnya termasuk kedalam investasi meskipun nilai barang yang dibeli akan menurun di kemudian hari.

Misalnya dengan membeli mobil bagus yang menurut para ekonom bukanlah investasi karena nilainya semakin lama semakin berkurang, tetapi sebenarnya ini termasuk kedalam investasi karena anda akan menggunakannya untuk meningkatkan status dan sebagai pemuasan diri.

Dalam kehidupan sehari-hari dalam menjaga kesehatan dengan berolahraga juga bisa disebut sebagai investasi. Seseorang yang berolahraga mempertaruhkan waktu dan tenaganya dalam olahraga untuk membuat dirinya lebih bugar.

Rasa lelah dan waktu yang terbuang akan terbayar dengan stamina yang kuat dan tubuh yang fit. Anda juga bisa dikatakan tidak berhasil dalam olahraga dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan jika yang anda kerjakan gagal.

Belajar formal sebagai jalur umum yang dilakukan untuk menuntut ilmu. Di sana siswa menginvestasikan energi dan pemikiran mereka untuk mendapatkan nilai bagus sementara orang tua mendanai anak-anak mereka untuk menjadi sukses.  Ini juga termasuk kedalam contoh investasi dalam kehidupan sehari hari.

Ketika belajar telah selesai dan anak mendapatkan tugas yang diharapkan, investasi dalam mengajar bisa disebut sukses. Namun jika di tengah jalan anak mengalami kendala dalam belajar dan putus sekolah, maka bisa dikatakan investasi tersebut tidak berhasil. Sadar atau tidak sadar, kita telah berinvestasi sejak lama.

Contoh Investasi Di Bidang Keuangan

  • Tabungan
  • Deposito
  • Saham
  • Cryptocurrency
  • Properti
  • Barang-barang koleksi
  • Mata uang asing (Valuta Asing)
  • Obligasi
  • Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
  • Sekuritas pasar uang
  • Sertifikat hutang obligasi
  • Reksadana

Baca juga : Strategi Bisnis Batako Untuk Mendapatkan Untung Maksimal

Cara berinvestasi di pasar modal

Bagaimana cara berinvestasi di pasar modal agar memperoleh keuntungan ? Begini penjelasan singkatnya. Perusahaan tertentu yang dipercaya dapat menggunakan modal yang Anda berikan dalam mengembangkan perusahaan dan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Dengan demikian, ketika perusahaan dapat menghasilkan keuntungan, Anda juga akan bisa mendapatkan keuntungan tersebut dan menjadi salah satu sumber pendapatan besar bagi penghasilan Anda.

Banyak orang beralih ke investasi jika dibandingkan harus membuka usaha sendiri. Semua ini dijadikan sebagai alternatif bisnis yang sama-sama bisa memberikan keuntungan bagi pelakunya.

Anda juga bisa mencoba berinvestasi. Misalnya, Anda bisa menerapkan metode investasi di dunia keuangan. Semua itu harus Anda pelajari dengan baik bagaimana cara berinvestasi di pasar modal sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk berbisnis di dunia investasi.

Jenis investasi ini merupakan investasi yang menguntungkan jika Anda memahami risikonya.

Cara berinvestasi di dunia keuangan

Anda bisa melakukan berbagai cara berinvestasi di dunia keuangan dan bisa Anda mulai. Misalnya dengan mencoba membuka rekening tabungan terlebih dahulu di salah satu bank terpercaya Anda.

Anda juga bisa mulai mencoba berinvestasi di deposito, obligasi, dan reksa dana. Beberapa jenis investasi tersebut bisa menjadi pilihan menarik yang akan menguntungkan Anda.

Namun, Anda tidak perlu berbuat banyak untuk mendapatkan manfaat tersebut. Anda hanya bisa memberikan sejumlah uang untuk dijadikan modal utama dan menunggu keuntungan yang akan diberikan oleh investasi yang Anda ikuti.

Tidak hanya cara berinvestasi di dunia keuangan yang sudah dibahas, beberapa investasi lain juga bisa dilakukan dengan mudah.

Investasi lain juga dapat dilakukan di pasar modal dengan membeli sejumlah saham dan lain-lain. Dan semua itu bisa membuat Anda untung ketika perusahaan tempat Anda berinvestasi mengalami keuntungan yang cukup banyak.

Berbagai keuntungan lain dari investasi yang dilakukan bisa berupa keuntungan materi. Namun, ada juga properti jika investasi yang Anda lakukan bukan di dunia keuangan.

Kesimpulan

Investasi adalah salah satu hal yang melekat dalam hidup karena pada dasarnya hidup kita sendiri didorong oleh tindakan investasi untuk menjadi lebih baik.

Jadi lucu juga kalau ada yang bilang takut berinvestasi karena secara tidak sadar pasti juga pernah berinvestasi di bidang pendidikan.

Akan selalu ada resiko dalam berinvestasi, seperti halnya anak-anak yang gagal mengenyam pendidikan seperti yang tertulis di atas. Namun, semuanya bisa diminimalisir dengan manajemen risiko yang ada.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.