Cara Merintis Usaha Kuliner Online Dengan Penuh Semangat

Belakangan ini Usaha Kuliner Online semakin banyak digemari seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Jika kita melihat beberapa tahun terakhir, bisnis online didominasi oleh produk fashion atau elektronik. Namun sekarang banyak produk makanan yang dijual secara online. Jenis makanannya bervariasi, dari makanan beku hingga keripik.

Bagaimana prospek usaha kuliner online yang satu ini? Masalah laba yang diperoleh oleh bisnis ini juga patut dipertimbangkan karena keuntungannya dapat melebihi keuntungan penjualan dengan cara konvensional atau offline.

Ini bisa terjadi selama cara pemasaran digital jelas dan pelaku bisnis secara konsisten menjalankannya. Strategi pemasaran online yang jelas-jelas memengaruhi penjualan. Ini telah dibuktikan oleh beberapa pengusaha kuliner online di negara ini yang telah berhasil menjalankan bisnis mereka.

Tips Merintis Usaha Kuliner Online

1. Sering mengadakan promo di aplikasi online tempat Anda menjual

Aplikasi online telah menjamur. Permintaan terus meningkat. Jadi, Anda perlu promosi di dalam aplikasi itu sendiri. Katakan saja, anggaran promosi sama dengan Anda menyewa tempat, bahkan lebih murah, bukan?

2. Adakan endorsement selebritas atau influencer

Agar orang-orang percaya dan tahu rasanya enak dengan menu yang beragam, cobalah cara-cara untuk endorsement influencer atau selebriti yang saat ini menjadi hit. Pilih sesuai dengan target pasar dan karakter produk Anda. Dijamin laris manis.

3. Cobalah untuk bergabung dengan bazaar pop up

Meski berniat berjualan secara online, tidak ada salahnya bergabung dengan acara bazaar pop up, lho. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda secara lebih luas, terutama kepada orang-orang yang jarang aktif di media sosial. Jangan lupa untuk memasukkan kontak bisnis dan akun sosial Anda.

4. Aktif di media sosial

Hanya saja berjualan online, tentu saja tidak cukup jika Anda tetap diam. Anda harus menemukan media sosial paling efektif dengan pengguna aktif. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengetahui apa yang menjadi hits kuliner saat ini. Sehingga anda bisa menerapkan cara promosi yang benar.

Baca juga : Bisnis Online Lewat HP Android Termudah Bagi Ibu Rumah Tangga

Kisah Merintis Usaha Kuliner Online

Kisah Intan Rahmatillah dan Ivan Diryana

Suami dan istri ini memproses rumah membuat rendang sapi menjadi lebih menarik. Intan, yang notabene adalah keturunan Padang, gemar mengonsumsi rendang buatan neneknya. Rasanya enak, membuatnya berpikir untuk membuat rendang daging sapi kemasan. Dengan mempertahankan resep nenek untuk rendang daging sapi, dia dan suaminya menjual produk mereka secara online. Ternyata responsnya sangat memuaskan.

Bisnis kuliner online yang telah mereka rintis sejak 2011 terus berkembang. Pesanan demi pesanan oleh konsumen, baik melalui media sosial dan pesan langsung mereka. Sebagian besar pesanan biasanya ketika dan sebelum Ramadhan. Untuk keuntungan mereka, Intan mengakui bahwa setiap bulan dia bisa mendapatkan omset rata-rata Rp. 100 juta. Namun saat melakukan puasa bisa mencapai sekitar Rp. 300 juta.

2. Akung Krisna Bisa Kuliner produk Siomay Onlen

Akung Krisna mengklaim bahwa menjalankan bisnis online sangat potensial. Itu bisa dibuktikan dari penghasilan yang ia dapatkan hanya dengan menjual makanan ringan sioamay. Dia mengatakan bahwa media online dapat menjangkau jangkauan konsumen yang lebih luas. Sehingga konsumen tidak hanya di lingkungan tetapi juga daerah lain seperti Bekasi atau Bintaro.

Berkat keseriusan dalam menjalankan bisnis online ini, omzet yang didapat cukup besar. Saat pertama menjajaki bisnisnya, Akung bisa mendapat omzet Rp. 14 juta per bulan. Dari penjualan online, Akung Bida menerima pesanan selama 1.500 siomay selama dua minggu. Dan untuk satu porsi siomay dihargai Rp. 7.000.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.