Penyebab Neuropati Diabetes dan Cara Mengobatinya Sebelum Parah

Neuropati Diabetes adalah kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetik. Kondisi ini disebabkan oleh kadar gula darah yang terus menerus tinggi. Kerusakan saraf ini paling sering mempengaruhi saraf kaki dan biasanya berkembang perlahan selama bertahun-tahun.

Tergantung pada saraf yang terkena, gejala neuropati diabetes dapat bervariasi. Mulai dari nyeri dan mati rasa di kaki hingga masalah pada sistem pencernaan, saluran kemih, pembuluh darah, dan jantung. Pada beberapa pasien, gejala neuropati diabetes bisa ringan.

Namun pada beberapa pasien lain, keluhan yang mengganggu aktivitas sehari-hari bisa terjadi. Neuropati diabetes merupakan komplikasi serius yang dapat dialami oleh 50 persen penderita diabetik. Namun, kondisi ini dapat dicegah dan dihambat perkembangannya dengan mengontrol kadar gula darah melalui pola hidup sehat.

Penyebab Neuropati Diabetes

Hingga saat ini, penyebab neuropati diabetes belum diketahui secara pasti. Diperkirakan bahwa kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol merusak saraf dan mengganggu kemampuan mereka untuk mengirimkan sinyal. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat melemahkan dinding pembuluh darah kecil (kapiler) yang mensuplai saraf dengan oksigen dan nutrisi.

Faktor risiko Neuropati diabetes

Semua orang dengan diabetes dapat mengembangkan neuropati diabetik. Tetapi faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko:

Kadar gula darah yang tidak terkontrol

Kadar gula darah yang tidak terkontrol akan menempatkan pasien pada risiko yang lebih tinggi untuk komplikasi diabetes, termasuk kerusakan saraf.

Riwayat kencing manis

Semakin lama seorang pasien menderita diabetes, risiko neuropati diabetik semakin meningkat. Apalagi saat kadar gula darah pasien tidak terkendali.

Penyakit ginjal

Diabetes dapat merusak ginjal. Kerusakan ginjal akan menyebabkan pelepasan zat beracun ke dalam darah yang memicu kerusakan saraf.

Kelebihan berat

Pasien yang kelebihan berat badan dengan indeks massa tubuh (BMI) 25 atau lebih mungkin lebih rentan untuk mengembangkan neuropati diabetik.

Merokok

Merokok membuat pembuluh darah menyempit dan lebih keras, mengurangi aliran darah ke kaki dan kaki. Hal ini akan membuat luka sulit sembuh dan merusak saraf tepi.

Baca juga : Cara Jual Rumah Online Gratis Untuk Pemula Sekalipun

Cara mengobati neuropati diabetes

Tidak ada obat untuk neuropati diabetes. Pengobatan untuk penyakit ini bertujuan untuk memperlambat perkembangannya, dan umumnya meliputi:

Perbaikan gaya hidup

Menjaga kadar gula darah kembali normal adalah cara terbaik untuk mengurangi penyakit penyerta diatebes dan mencegah perkembangannya. Berhenti merokok dan berolahraga secara teratur juga diperlukan.

Manajemen nyeri

Obat-obatan dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat neuropati diabetes. Diskusikan dengan dokter Anda tentang pilihan obat yang tersedia dan efek sampingnya.

Beberapa jenis obat yang dapat direkomendasikan untuk mengurangi rasa sakit antara lain:

Antikonvulsan

Beberapa jenis obat anti kejang juga dapat meredakan nyeri pada saraf. Misalnya, pregabalin dan gabapentin. Namun, efek samping obat anti kejang perlu diwaspadai. Misalnya pusing, bengkak, dan mengantuk.

Obat antidepresan

Antidepresan trisiklik juga dapat meredakan nyeri saraf. Amitryptiline, desipramine, dan imipramine adalah contohnya. Selain antidepresan trisiklik, inhibitor reuptake serotonin dan norepinefrin (SNRI) juga dapat diresepkan oleh dokter Anda.

Misalnya, duloxetine dan venlafaxine. Obat antidepresan dan anti kejang sering dikombinasikan oleh dokter untuk mengobati rasa sakit pada penderita neuropati diabetes. Tak hanya itu, obat pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen juga bisa diberikan jika dirasa membantu. Terapi alternatif, seperti akupunktur, dapat memberikan kelegaan bila digunakan bersama dengan obat-obatan.

Mengelola komplikasi

Tergantung pada jenis neuropati diabetes, dokter Anda akan merekomendasikan obat-obatan, terapi dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengelola gejala dan mencegah komplikasi.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.