Pelaku Kegiatan Ekonomi Masyarakat Terbagi dalam Rumah Tangga

Dalam pembahasan ini kita akan mengerti tentang pelaku kegiatan ekonomi masyarakat terbagi dalam rumah tangga sehingga setelah anda baca postingan ini anda bisa memahaminya dengan baik dan bisa menjelaskan untuk semua orang tanpa kesulitan lagi.

Pelaku ekonomi adalah semua pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, dan konsumsi. Dapat dikatakan bahwa pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian terdiri dari banyak kelompok.

Secara umum pelaku kegiatan ekonomi masyarakat terbagi dalam rumah tangga, warga negara, perusahaan, pemerintah, negara asing, dan lembaga keuangan. Beberapa pihak tersebut memiliki peran dalam kegiatan ekonomi.

Pengetian Pelaku Ekonomi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian pelaku ekonomi adalah orang-orang yang bergerak di bidang ekonomi. Yang dimaksud dengan pelaku ekonomi dapat dipahami sebagai orang yang ikut serta dalam proses ekonomi.

Pelaku ekonomi adalah semua pihak, baik individu maupun organisasi yang melakukan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Golongan yang melakukan ketiga kegiatan ekonomi tersebut disebut sebagai produsen, distributor dan pelanggan.

Menurut Kamus Cambridge, pelaku ekonomi adalah orang, perusahaan, atau organisasi yang berdampak pada pola ekonomi dengan membuat, membeli, atau menjual.

Sedangkan dalam Kamus Bisnis Longman, pengertian pelaku ekonomi adalah orang, perusahaan, dan sebagainya yang berpengaruh terhadap perekonomian suatu negara, misalnya dengan membeli, menjual, atau berinvestasi.

Dengan istilah lain, pengertian pelaku ekonomi adalah individu atau organisasi yang mempengaruhi perekonomian. Dengan begitu, pelaku ekonomi adalah pelanggan, produsen, atau faksi yang berdampak pada pasar modal dan perekonomian pada umumnya.

Jenis dan Peran Pelaku Ekonomi

Pada dasarnya pelaku ekonomi terdiri dari 4 yaitu rumah tangga, warga negara, perusahaan, dan pemerintah. Masing-masing memiliki peran dalam ruang lingkup kegiatan ekonomi. Berikut penuturannya:

Pelaku ekonomi rana adalah semua orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, dan konsumsi

1. Rumah Tangga

Diambil dari situs Gramedia, rumah tangga merupakan pelaku ekonomi dengan cakupan wilayah terkecil. Tetapi dari rumah tangga berikut yang selanjutnya menciptakan khalayak luas.

Rumah tangga sebagai pelaku ekonomi terdiri dari ayah, ibu, anak, dan anggota keluarga lainnya seperti kakek, nenek, dan saudara kandung.

Sebagai pelaku ekonomi dalam masalah ini, rumah tangga pelanggan memiliki dua peran, yaitu sebagai pelaku produksi dan sebagai pelaku konsumsi.

Peran rumah tangga sebagai pelaku produksi dapat dilihat dari pemanfaatan energinya untuk perusahaan atau instansi pemerintah. Selain itu, usaha yang dapat digerakkan dalam lingkup rumah tangga disebut UMKM.

Dan dari sisi konsumsi, peran rumah tangga dapat dilihat dari pemanfaatan produk, baik barang maupun jasa untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Baca juga : Kerja Online Dibayar Tiap Hari Sangat Cocok Untuk Dikerjakan

2. Masyarakat

Pelaku ekonomi kedua yang cakupannya lebih luas dari rumah adalah masyarakat. Peran warga sangat penting dalam kegiatan ekonomi, baik dalam hal produksi, distribusi, maupun konsumsi.

 3. Perusahaan

Perusahaan merupakan pelaku ekonomi yang berperan sebagai produsen, distributor dan pelanggan. Perusahaan adalah organisasi bisnis yang diciptakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Produsen merupakan peran khusus perusahaan karena telah menjadi tempat berlangsungnya produksi. Beberapa pihak dari perusahaan berusaha agar produk yang dibuat dapat sampai ke tangan pelanggan.

Sedangkan perusahaan yang berperan sebagai penyalur pelaku ekonomi misalnya adalah perusahaan retail. Perusahaan retail bekerja untuk memasarkan dan menjual produk dari perusahaan.

Dan peran sebagai pelaku ekonomi pelanggan, dapat ditemukan ketika perusahaan harus memenuhi kebutuhan bahan baku untuk berproduksi.

4. Pemerintah

Pelaku ekonomi lain yang memiliki peran penting adalah pemerintah. Sebagai salah satu pelaku ekonomi, pemerintah berupaya membuat banyak kebijakan yang memberikan manfaat bagi perekonomian negara, baik bagi produsen, pelanggan, maupun distributor.

Peran khusus pemerintah sebagai pelaku ekonomi adalah mengendalikan perekonomian dengan berbagai regulasi ekonomi untuk mensejahterakan rakyat negaranya.

Pemerintah sebagai pengatur atau sebagai pengendali perekonomian suatu negara meliputi:

  • – Membuat regulasi moneter
  • – Membuat peraturan perpajakan
  • – Membuat regulasi kegiatan dengan negara lain seperti impor dan ekspor

Selain itu, pemerintah berperan sebagai produsen dan pelanggan. Sebagai pelanggan berarti dalam menjalankan tugasnya pemerintah membutuhkan barang dan jasa.

Sebagai produsen, pemerintah ikut serta dalam memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan dalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Dan sebagai penyalur, peran pemerintah terlihat dari penyaluran iuran seperti BOS, BLT dan iuran lainnya.

5. Luar Negeri

Tidak hanya domestik, negara lain memiliki peran dalam perekonomian suatu negara. Permasalahannya adalah satu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya.

Pelaku ekonomi di luar negeri meliputi kegiatan ekspor dan impor, investasi di suatu negara untuk membangun pabrik, peralihan tenaga kerja, dan pemberian utang kepada negara lain.

6. Lembaga keuangan

Terakhir, pelaku ekonomi yang memiliki peran besar adalah lembaga keuangan. Golongan inilah yang melakukan kegiatan keuangan, baik bank maupun non bank, untuk membantu meningkatkan perekonomian suatu negara.

Lembaga keuangan menghimpun dana dari warga dalam bentuk produk tabungan dengan memberikan suku bunga simpanan kepada warga. Seperti tabungan berjangka, tabungan sekolah, tabungan haji, deposito berjangka, safe deposit box dan beberapa produk tabungan lainnya.

Demikian pembahasan mengenai pelaku kegiatan ekonomi masyarakat terbagi dalam rumah tangga, pengertian pelaku ekonomi, jenisnya dan berbagai jenis perannya. Dapat dikatakan, pelaku ekonomi adalah semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.