Pengalaman Usaha Rental Mobil Sukses dari Kecil Hingga Besar

Mengawali usaha sekarang ini tidak lagi masalah dengan modal kecil, tetapi harus memiliki ide. Ide terbaik selalu datang ketika sedang sangking, seperti pengalaman usaha rental mobil dari pasangan muda ini.

Awalnya mereka mendirikan usaha lain dan harus membayar hutang sejumlah Rp40 juta, malah pada akhirnya melahirkan usaha rental mobil di Bandung dengan keuntungan rerata tiap bulan di range Rp46 juta sampai 78 juta.

“Awalannya usaha ini untuk membayar hutang karena tidak berhasil usaha makanan yangmereka jalankan sebelumnya. usaha rental mobil sudah cetak keuntungan tahun 2013 di angka Rp759 juta,” tutur Aldi Febian Mahabian yang disebut pemilik dan pendiri layanan Driver Bdg .

Aldi sebelum menceritakan pengalaman usaha rental mobil , ia sempat menyinggung pahitnya saat mengalami ketidakberhasilan usaha kulineran dan memilih stop kuliah untuk membayar hutang. Dengan jujur ia menceritakan, saat dahulu dengan lugunya ngotot berhutang ke sebagian orang dan dikenai bunga 5% /bulan. Dari uang utang itu, ia juga memainkan jualan beberapa usaha makanan cuman dalam tempo 6 bulan.

“Saya jualan beberapa macam makanan dan cuman bertahan enam bulan. Pailit,” tutur pria 24 tahun yang sempat pernah berkuliah di Kampus Telkom ini. Tetapi pada kondisi yang serba terjepit itu ada gagasan usahanya lainnya. Persisnya ia mulai bekerja sebagai pengemudi mobil carteran pada 2011.

Pengalaman Usaha Rental Mobil

Sebagai anak muda yang melek tehnologi, karena itu ia mulai menebarkan berita kerjanya. Cuman dengan modal media sosial, menebarlah layanan sewa pengemudi ganteng yang dirintisnya di Bandung.

“Tidak menggunakan modal, cuman melalui Twitter. Layanan sewa driver yang good looking ,” jelasnya. Pertama kali muncul gagasan usahanya ini saat ia mendengar banyak kritik warga berkenaan kualitas service seorang pengemudi.

Ia mengutamakan service yang berteman dari pengemudi hingga membuat client nyaman. Komunikasi yang bagus dan performa pengemudi yang memikat jadi salah satunya penekanannya. Rupanya opsi usaha ini tidak salah karena jumlah pelancong ke Bandung tak pernah kering. Bahkan juga, dari cuman satu orang, upayanya berkembang jadi layanan persewaan mobil.

Baca juga : Bisnis Rental Mobil Yang Sukses

“Saya menyaksikan banyak rekan yang mempunyai banyak mobil dan saya menwarkan kepada mereka untuk dirental. Jumlah pengemudi semakin bertambah dengan mengajak mahasiswa yang ketarik. Rupanya, client makin luas dan usaha ini makin berkembang,” jelas pria kelahiran Cirebon ini. Usaha itu makin berkembang dari cuman layani untuk keliling kota jadi keperluan tour jarak jauh.

Tidak hanya itu, upayanya layani banyak keinginan yang lain unik seperti acara pernikahan, wisuda, atau acara promo perusahaan. Bahkan juga, sering yang perlu service pengemudinya cuman sebagai rekan bercakap atau untuk prestise dalam pertemanan.” Bahkan juga, ada yang perlu pengemudi kami cuman untuk pengiring wisuda mahasiswi,” ceritanya.

Usaha yang makin berkembang ini mendorongnya membuat anak usaha. Unit usaha yang siap dikembangkannya akan mengarah service premium dan tour jarak jauh. Service premium dikatakannya untuk melayani keinginan rental mobil eksklusif seperti Toyota Alphard sampai Lamborgini.

Keinginan high class tipe ini tiba dari aktivitas promo perusahaan dan acara pernikahan. Jakarta dan Bali dikatakannya sebagai tempat peningkatan yang lebih prospektif kecuali Bandung. Sedang, pesanan dari Malaysia dan Singapura nyaris teratur mengirim minimal lima e-mail dari tur guide untuk client individual untuk tempuh jarak jauh.

“Sementara, tour jarak jauh akan layani tamu dari Malaysia. Banyak pesanan dari negara tetangga karena tahu informasi dari internet. Maka bakal ada dua anak usaha kami pada tahun depan,”

Rintangan dalam kompetisi di sektor ini sangat ketat. Tetapi sebagai pengusaha, diakuinya tidak ada kompetitor yang mencemaskan, kami harus menjalakannya dengan lebih baik kedepannya.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.