Apa Yang dimaksud Dengan Properti Dalam Seni Tari ?

Properti tari dalam suatu seni kreasi sebagai alat yang dapat menunjang pertunjukan seni kreasi tersebut. Selain mengandung gerak, seni tari juga dilengkapi dengan musik pengiring dan sifat tari yang memiliki sejarah tertentu.

Indonesia sebagai negara yang terbagi dalam berbagai suku dan suku memiliki banyak sejarah dan budaya, salah satunya adalah tarian daerah dimana tarian daerah memiliki ciri khas dan gerakan yang berbeda-beda di setiap daerah. Jumlah tarian daerah di Indonesia mencapai beberapa ratus.

Meskipun tidak semua tetapi secara umum sifat-sifat yang digunakan dalam suatu tarian akan mengikuti nama tarian tersebut. Misalnya tari piring yang menggunakan piring sebagai propertinya atau tari payung dengan menggunakan payung.

jelaskan yang dimaksud dengan properti tari

Apa yang dimaksud dengan properti dalam seni tari ?

Untuk mengetahui apa itu properti tari, maka kami akan menjelaskan yang dimaksud dengan properti tari dalam pembahasan di bawah ini.

Pengertian properti tari

Pengertian properti tari merupakan alat atau benda yang digunakan sebagai media pengiring dalam pertunjukan tari yang berguna untuk menambah makna dan nilai keindahan gerak tari yang dibawakan, dan sebagai unsur yang hadir di hampir semua pertunjukan tari.

Penggunaan property dalam sebuah tarian tentunya harus memperhatikan prinsip penciptaan dan peran property karena penggunaannya akan sangat menentukan kemampuan seorang penari dalam menguasai satu jenis tarian. Secara umum tarian tradisional di Indonesia memiliki berbagai jenis khasiat dan keunikan yang berbeda-beda pada setiap tariannya.

Jenis properti tari

Jenis-jenis properti tarian dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Setproperti

Setproperti merupakan media atau alat tarik-menarik yang digunakan di atas panggung, berupa peralatan yang mendukung mekanisme atraksi tunggal.

Hal ini untuk memudahkan suatu atraksi dalam mengungkapkan kondisi dan setting situasi yang diharapkan. Misalnya performance, lighting, lighting set, background, dan lain sebagainya.

2. Handproperti

Handproperti merupakan media atau alat yang digunakan oleh para pelaku tari pada suatu atraksi, yang berperan sebagai alat simpatisan dalam suatu tokoh yang akan dimainkan.

Misalnya selendang, keris, pelindung, payung, tombak, panah, piring, sapu tangan, dan lain-lain.

Peran properti dalam seni tari

Peran properti tari sebagai alat yang digunakan dalam pertunjukannya, terdapat 3 peran properti dalam seni tari yaitu mendeskripsikan topik suatu tari, mempertegas gerak dan karakter penari, serta menambah keanggunan dalam gerak tari. .

1. Mendeskripsikan topik suatu tari

Mendeskripsikan topik tari sebagai salah satu peran properti tari, meskipun topik tari terkadang hanya dijelaskan melalui gerakan tetapi dengan adanya media tambahan membuat penggambaran topik suatu tari menjadi lebih cerah dan lebih mudah dilihat oleh orang-orang yang mempelajarinya.

Misalnya tari piring dari Sumatera Barat yang bertema ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Berbagai gerakan yang dilakukan dalam tari piring memvisualisasikan keseluruhan aktivitas dalam bercocok tanam mulai dari penanaman, penyiangan, hingga proses pemetikan.

2. Mempertegas gerak dan karakter penari

Peran lainnya adalah mempertegas gerak dan karakter penari, baik perempuan maupun laki-laki. Tarian daerah berdasarkan dongeng atau legenda memiliki peran yang diaplikasikan pada tarian tersebut sehingga karena ada khasiatnya maka juga menonjolkan karakter dan karakter penarinya.

3. Mempercantik gerakan

Karena peran terakhir adalah mempercantik gerak, otomatis karena ada khasiat keindahan suatu tarian meningkat. Selain itu, sebagai pendukung nilai-nilai keindahan suatu tarian, properti tersebut memudahkan penyampaian pesan dan makna yang ingin disampaikan penari melalui gerakan-gerakannya.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.