Contoh Proses Bisnis Penjualan Online Yang Mudah di Pahami

Proses bisnis penjualan Online adalah sesuatu yang menyenangkan dan mudah dilakukan tidak seperti penjualan konvensional yang lebih rumit. Seperti kita tidak perlu menyediakan ruang pamer bagi pengunjung atau etalase mewah. Kita tidak perlu menyiapkan hal-hal fisik yang biasanya dilakukan oleh toko secara konvensional.

Contoh Proses Bisnis Penjualan Online

Tahap pertama dalam proses bisnis penjualan Online adalah konsumen mengunjungi toko online bisa dalam bentuk blog atau situs web. Sehingga konsumen akan mencari barang yang akan dibeli atau barang yang ia butuhkan.

Di sini visitor akan berperan sehingga konsumen tidak merasa terlalu kesulitan dalam menemukan barang yang mereka butuhkan. Jika konsumen merasa terlalu sulit untuk menemukan barang yang diinginkannya, dapat ditebak bahwa konsumen akan meninggalkan blog kita.

Dan kita dapat yakin bahwa konsumen ini tidak akan mengunjungi toko online kami lagi. Jika ini terjadi berulang kali dengan konsumen lain, itu akan berdampak pada keberhasilan toko online anda.

Contoh Proses Bisnis Penjualan Online

Jika konsumen menemukan barang yang diinginkannya, langkah selanjutnya adalah konsumen melakukan transaksi pembayaran. Untuk transaksi pembayaran, anda harus benar-benar meyakinkan konsumen bahwa transaksi yang akan dilakukan akan berjalan dengan aman.

Baca juga : Bisnis Online Resmi Tanpa Modal Beneran Kasih Kamu Untung

Intinya adalah meyakinkan konsumen bahwa dia pasti akan menerima barang sesuai pilihannya. Pertahankan kepercayaan konsumen. Pembayaran transaksi yang dapat dilakukan biasanya ada berbagai macam pilihan seperti transfer ke bank , dapat juga dilakukan dengan kartu kredit dan juga dapat dibayar melalui akun paypal.

Setelah konsumen melakukan proses pembayaran, langkah selanjutnya adalah toko online untuk memverifikasi informasi transaksi yang dikirim oleh konsumen. Proses verifikasi ini penting yang berguna untuk mengetahui kebenaran transaksi yang telah dilakukan oleh konsumen ini. Karena jika toko online kami telah dikunjungi oleh konsumen, akan ada banyak transaksi pembayaran dalam proses bisnis toko online itu.

Langkah selanjutnya setelah proses verifikasi dalam proses bisnis toko online adalah proses pengiriman barang ke tempat konsumen. Untuk biaya pengiriman barang ini, setiap toko online memiliki kebijakan sendiri dalam membebankan biaya pengiriman. Dan ini akan diperdalam dalam artikel tentang Strategi Bisnis Toko Online

Jika barang telah diterima oleh konsumen, proses bisnis penjualan online telah selesai mencapai siklus proses bisnis penjualan online. Biasanya cepat atau lamanya waktu konsumen menerima barang setelah dikirim oleh toko online tergantung pada jenis ekspedisi yang anda gunakan untuk mengirimkan barang.

Jika proses pengiriman akan memakan waktu yang cukup lama maka konsumen akan merasa kecewa dan kemungkinan barang yang rusak di tengah perjalanan akan semakin besar. Jadi di sini anda harus benar-benar melakukan pelayanan yang baik untuk konsumen anda sehingga jika dirasakan oleh konsumen bahwa layanan anda cukup memuaskan bagi mereka, konsumen ini akan mengulangi pesanan mereka di toko online anda.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.