Jelaskan 6 Sifat Seorang Wirausahawan Yang Harus dibangun

Untuk menuju keberhasilan suatu usaha, beberapa hal teknis perlu diperhatikan. Misalnya faktor permodalan, penguasaan pasar, memahami cara memasarkannya, dan beberapa hal. Tapi jangan lupa, kesuksesan bisnis datang dari kita.

Oleh karena itu, ada banyak sifat kewirausahaan yang perlu dimiliki terlebih dahulu. Karakter wirausaha selalu diibaratkan sebagai seorang psikis yang bekerja keras dan tidak mudah menyerah. Hal ini dikarenakan untuk mencapai kesuksesan tidak dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

sifat kewirausahaan

Apa itu sifat kewirausahaan ?

Sifat kewirausahaan adalah: Memiliki karakter amanah, mandiri, individualitas, percaya diri. Selalu berusaha untuk berprestasi, fokus pada keuntungan, memiliki kesabaran dan tekad, memiliki kemauan yang kuat, suka berusaha keras, dinamis dan memiliki ide.

Sifat Kewirausahaan

Berikut beberapa sifat Kewirausahaan yang perlu anda bangun ialah:

1. Keinginan untuk unggul

Sifat ini muncul karena adanya keinginan atau dorongan dalam diri seorang wirausaha yang berfungsi untuk memotivasi perilaku wirausaha dalam mencapai tujuan. Pengusaha harus mengetahui bisnis yang cepat menghasilkan uang dan karakteristik bisnis yang potensial.

2. Keinginan untuk bertanggung jawab

Kewirausahaan membutuhkan tingkat tanggung jawab yang tinggi. Karena seseorang yang telah memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha, berarti ia memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap usaha yang dibangun, tanggung jawab pengelolaan usaha, dan tanggung jawab terhadap hasil usaha.

3. Preferensi untuk risiko menengah

Kewirausahaan membutuhkan berbagai tujuan yang ingin dicapai. Dalam mencapai tujuan tersebut perlu disusun rencana kerja. Rencana kerja yang disusun juga harus mampu menghadapi segala kendala atau risiko yang akan dihadapi selama masa usaha berjalan. Pengusaha juga harus dapat mengetahui berbagai penyebab tidak berkembangnya usaha dan faktor-faktor kegagalan usaha.

Baca juga : Contoh Membuat Produk Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

4. Persepsi tentang kemungkinan sukses

Harus ada rasa percaya diri dalam berwirausaha. Keyakinan ini dimaksudkan untuk mendorong jiwa wirausaha bahwa ia mampu mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan. Seorang wirausahawan harus memiliki keyakinan terhadap produk yang dihasilkan.

5. Stimulasi dengan umpan balik

Dalam bisnis yang sedang berjalan, tentunya akan ada feedback atau umpan balik dari pekerjaan yang telah dilakukan. Wirausahawan harus dapat menerima umpan balik yang baik atau buruk.

Jika umpan balik yang diterima baik, maka pengusaha harus dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan pekerjaannya.

Sedangkan jika umpan balik yang diperoleh buruk, maka pengusaha harus mampu mengevaluasi hasil kerja dan kemudian melakukan berbagai perbaikan yang diperlukan.

6. Aktivitas energik

Dalam menjalankan usahanya, seorang wirausahawan harus aktif dan memiliki semangat yang tinggi. Rasa percaya diri juga dibutuhkan untuk menunjang segala aktivitas bisnis.

7. Orientasi ke masa depan

Perencanaan yang dimulai dalam berwirausaha tidak hanya untuk jangka pendek, tetapi harus memiliki orientasi masa depan atau perencanaan untuk jangka panjang juga. Karena kondisi dalam dunia usaha tidak tetap, melainkan fluktuatif, maka dengan perencanaan yang matang diharapkan para wirausahawan dapat menghadapi berbagai kemungkinan.

8. Keterampilan dalam berorganisasi

Meskipun bisnis dapat dimulai tanpa karyawan, seiring waktu seiring pertumbuhan bisnis, itu pasti akan berkontribusi pada penyediaan lapangan kerja. Jika sudah memiliki tambahan tenaga kerja, maka seorang wirausahawan harus bisa melakukan pengorganisasian dengan baik.

Salah satu contohnya adalah tanpa pandang bulu. Keluarga, saudara, teman, atau orang lain yang memang memiliki keterampilan yang dibutuhkan kemudian menempatkan mereka pada posisi yang tepat.

9. Sikap terhadap uang

Tidak dapat dipungkiri bahwa keuntungan yang lebih banyak merupakan dambaan setiap pengusaha. Namun penting juga untuk memperhatikan pengelolaan uang.

Jangan sampai keuntungan yang telah diperoleh disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Atau dalam proses bisnis, pengusaha harus menggunakan cara yang baik untuk mendapatkan keuntungan.

Sifat Perencanaan Usaha

Berikut beberapa sifat perencanaan usaha yang baik supaya usaha anda cepat berkembang :

  1. Fokus, artinya perencanaan bisnis dibuat berdasarkan visi, misi tujuan yang spesifik dan jelas.
  2. Rasional dan faktual, artinya rencana bisnis dibuat berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistis, berorientasi masa depan dan didukung oleh fakta.
  3. Keberlanjutan dan estimasi, artinya perencanaan bisnis dibuat dan disiapkan untuk tindakan berkelanjutan dan prediksi tentang kondisi masa depan.
  4. Persiapan dan fleksibilitas, artinya rencana bisnis dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman tindakan yang
    akan dilaksanakan sesuai dengan lingkungan bisnis yang dihadapi.
  5. Operasional, artinya perencanaan bisnis dibuat sesederhana mungkin.

Ciri-ciri dan Watak Wirausaha

Berikut beberapa ciri-ciri dan Watak Wirausaha yang perlu anda ketahui :

  1. Keyakinan Keyakinan, kemandirian, individualisme, dan optimisme
  2. Berorientasi tugas dan hasil Kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada keuntungan, ketekunan dan ketabahan, tekad untuk bekerja keras, memiliki dorongan yang kuat, energik dan inisiatif
  3. Pengambilan risiko Kemampuan untuk mengambil risiko yang wajar dan menyukai tantangan
  4. Kepemimpinan Perilaku sebagai pemimpin, bergaul dengan orang lain, menanggapi saran dan kritik
  5. Orisinalitas Inovatif dan kreatif dan fleksibel
  6. Berorientasi ke masa depan Melihat ke depan, perspektif Dalam konteks bisnis, seorang wirausahawan membuka usaha baru yang mengarah pada munculnya produk atau ide baru tentang penyediaan layanan.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.