Apa Itu Transaksi Internal dan Transaksi Eksternal ?

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah melakukan transaksi. Namun, transaksi ini akan berbeda jika perusahaan yang melakukannya kerena didalam perusahaan ada transaksi internal dan eksternal. Oleh sebab itu, untuk memudahkan kita dalam membedakan transaksi internal dan eksternal didalam artikel ini kita akan membahasnya untuk kita semua!

Transaksi internal dan eksternal

Berikut pengertian dari kedua jenis trasaksi ini.

Apa itu Transaksi Internal ?

Pengertian transaksi Internal adalah transaksi bisnis keuangan yang tidak melibatkan pihak ketiga di luar perusahaan atau organisasi. Transaksi bisnis internal umumnya terjadi antara manajemen dan karyawan, atau antar departemen dalam perusahaan.

Untuk memahami lebih jauh tentang transaksi internal, harus dipahami bahwa meskipun dapat mempengaruhi status dan neraca, transaksi bisnis yang terjadi di perusahaan tidak hanya tentang transaksi bisnis keuangan, tetapi ada juga transaksi bisnis di perusahaan dalam bentuk peralihan barang.

Contoh bukti transaksi internal

Contoh transaksi intern yang terjadi di perusahaan antara lain pendataan penyusutan aktiva tetap, amortisasi biaya yang dibayar dimuka (misalnya sewa), pemindahbukuan bahan baku menjadi 1/2 barang jadi di perusahaan manufaktur.

Bukti Transaksi Internal

Dokumentasi atau pengumpulan data sebagai faktor penting dalam pengaturan neraca. Oleh karena itu, meskipun terjadi transaksi bisnis antar pihak internal dalam perusahaan, namun diperlukan bukti untuk mendokumentasikan kejadian tersebut.

Contoh bukti transaksi internal umumnya disertai dengan bukti berupa catatan internal atau catatan kecil yang berisi perintah dari atasan atau keinginan dari rekan kerja antar bagian. Untuk memastikan catatan tersebut merupakan alat bukti yang benar, diperlukan tanda tangan sebagai bukti legalitas dokumen tersebut.

Baca juga : Kerja Online Input Data Tanpa Biaya Pendaftaran Untuk Dicoba

Apa itu Transaksi Eksternal ?

Transaksi Eksternaladalah transaksi bisnis yang terjadi antara perusahaan dengan fraksi ke-3. Seperti halnya transaksi bisnis internal, transaksi bisnis eksternal dapat terjadi antara perusahaan dengan lebih dari satu faksi ke-3.

Adapun yang dimaksud dengan fraksi ke-3 adalah beberapa orang atau badan organisasi yang bekerja sama dan mempunyai keperluan dengan perusahaan. Fraksi ke-3 meliputi vendor, supplier, partner bisnis, distributor, reseller, dan agen.

Transaksi bisnis eksternal yang terjadi antara perusahaan dengan fraksi ke-3 umumnya merupakan transaksi bisnis untuk peralihan sumber daya yang dimiliki dan termasuk keuangan perusahaan.

Contoh Bukti Transaksi Eksternal

Contoh transaksi bisnis eksternal yang paling mudah dan sering ditemui adalah transaksi bisnis jual beli, misalnya perusahaan A berniat membeli barang dari perusahaan B atau sebaliknya. Contoh lain, misalkan perusahaan A membayar hutang kepada kreditur, atau perusahaan A membayar komisi pemasaran kepada agen distributor C.

Bukti transaksi eksternal

Karena transaksi bisnis eksternal melibatkan faksi ke-3, ada berbagai macam bukti transaksi bisnis, tetapi yang paling umum untuk bukti transaksi ekstern adalah:

Surat jalan

Surat jalan adalah dokumen yang menunjukkan bahwa barang yang dipesan oleh faksi konsumen telah meninggalkan gudang penjual dan sedang dalam perjalanan ke gudang konsumen. Surat ini umumnya ditandatangani oleh admin gudang, sopir, dan pihak konsumen jika barang sudah sampai di tempat tujuan.

Kuitansi

Kwitansi adalah dokumen sebagai tanda bahwa barang telah diterima oleh perusahaan jika perusahaan bertindak sebagai konsumen.

Selain itu, kwitansi adalah dokumen yang diterima oleh vendor selama proses penagihan dan merupakan bukti bahwa pemasaran dan faktur tambahan telah dikirim secara lengkap ke bagian keuangan perusahaan.

Invoice atau faktur penjualan

Invoice atau faktur penjualanadalah dokumen yang berisi informasi tentang jenis barang yang dijual dan harga keseluruhan yang perlu dibayar oleh konsumen.

Umumnya dokumen ini dikirimkan kepada konsumen pada saat proses penagihan pembayaran disertai dengan beberapa tambahan seperti dokumen perjalanan, faktur pajak, dan formulir permintaan barang.

Cek

Cek sebagai dokumen yang berisi nominal pembayaran sesuai dengan marketing invoice yang telah dikirimkan oleh penjual. Cek umumnya dikeluarkan oleh bank sebagai bukti transaksi bisnis yang kemudian ditempatkan oleh bagian keuangan.

Kesimpulan

Berikut kita ambil kesimpulan dari pembasan kita kali ini karena telalu banyak kata-kata yang saling berhubungan maka kami merangkum seperti ini:

Yang termasuk pihak internal perusahaan adalah ?

Pihak internal adalah pihak yang ada di perusahaan, seperti manajer, direktur, dan karyawan perusahaan.

Dibawah ini yang termasuk transaksi eksternal adalah ?

Pihak eksternal meliputi pemilik perusahaan, kreditur, dan pemerintah tempat perusahaan didirikan.

Apa itu internal dan eksternal ?

Internal adalah tentang bagian dalam, apa itu eksternal ? eksternal adalah kebalikan atau kebalikannya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), eksternal berkaitan dengan luar (tubuh, diri, mobil, dll). Selain itu, eksternal merupakan istilah yang juga sering diartikan sebagai luar (negeri).

Apa itu transaksi ?

Apa yang dimaksud dengan transaksi ? Transaksi adalah kesepakatan antara konsumen dan penjual untuk menukar barang, jasa, atau instrumen keuangan. Dalam akuntansi, peristiwa yang mempengaruhi keuangan bisnis harus dicatat dalam pembukuan, dan transaksi bisnis akuntansi akan dicatat secara berbeda jika bisnis menggunakan akuntansi akrual dan bukan akuntansi tunai. Akuntansi akrual mencatat transaksi bisnis ketika pendapatan atau pengeluaran dibuat atau dikeluarkan, dan akuntansi kas mencatat transaksi bisnis ketika uang benar-benar dibelanjakan atau diterima oleh bisnis.

Apa yang dimaksud dengan transaksi keuangan ?

Transaksi keuangan adalah kegiatan dari perusahaan yang menyebabkan terjadinya pergeseran status keuangan perusahaan (aset, hutang, modal), sehingga harus diproses mulai dari pendataan sampai disajikan dalam bentuk neraca keuangan.

Apa yang dimaksud dengan bukti transaksi ?

Apa yang dimaksud bukti transaksi ? bukti transaksi adalah bukti rekaman yang menuliskan atau merangkum semua aktivitas transaksi bisnis yang terjadi dalam suatu perusahaan atau bisnis. Bukti transaksi bisnis memainkan peran penting dalam mencegah timbulnya masalah di masa depan.

Apa yang dimaksud dengan transaksi eksternal ?

apa yang dimaksud eksternal ? Transaksi eksternal adalah jenis transaksi bisnis yang melibatkan faksi-faksi di luar perusahaan dan akan mengakibatkan perubahan situasi keuangan perusahaan. Misalnya, transaksi bisnis pemasaran dengan faksi lain, transaksi bisnis pembelian dengan faksi lain, dan proses hutang.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.