Peluang Usaha Air Galon dan Gas Yang Perlu di Kembangkan

Usaha air galon dan gas memiliki prosfek yang bagus saat ini, karena semakin hari, kebutuhan akan gas dan air minum dalam kemasan semakin meningkat. Alasannya beragam, mulai dari faktor kepraktisan yang mempengaruhi hampir semua lapisan masyarakat baik di kota maupun di desa. Kedua barang ini telah menjadi bagian dasar kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat.

Karena itu, meski telah mengalami kenaikan harga berulang kali, masih banyak orang yang masih mencari gas dan air minum . Tentu saja, bagi Anda yang ingin memanfaatkan peluang, ini bisa menjadi kesempatan untuk membuka usaha air galon dan gas karena permintaan konsumen semakin besar.

Namun, Anda harus dapat menyesuaikan isi tas untuk mengukur kemampuan modal yang tersedia. Karena ada begitu banyak pilihan dalam bisnis gas dan air minum dalam paket ini. Mulai dari distributor, agen, hingga penjual eceran.

Cara Memulai Usaha air galon dan gas

Bagi Anda yang tertarik untuk merintis usaha ini, Anda harus berhati-hati dalam menargetkan bagian mana yang paling menguntungkan dan sesuai dengan modal Anda. Yang pertama adalah menjadi distributor. Baik distributor gas maupun distributor air kemasan memerlukan sedikit uang tambahan.

Hitungannya bisa jutaan hingga miliaran rupiah dengan persyaratan status badan usaha yang lengkap dan memiliki ruang yang cukup untuk ditentukan oleh produsen air minum dalam kemasan dan juga Pertamina sebagai penanggung jawab pasokan gas di dalam negeri.

Peluang berikutnya adalah menjadi Start Outlet / Agen dan Penjual Utuh / Sub Agen. Menjadi atau sub agen biasanya didasarkan pada jumlah barang yang dibeli. Biasanya, agen dan sub-agen akan mendapat untung, kisarannya hanya sekitar 2% hingga 5%. Tetapi jangan melihat keuntungan tipis karena dua barang sangat likuid atau laku di lapangan. Sehingga perputaran uang juga sangat cepat.

Syarat-syarat untuk menjadi agen tabung gas

  • Harus memiliki nama perusahaan sendiri atau bersatu dengan agen lainnya.
  • Memiliki tabung gas kosong setidaknya sebanyak 600 sampai dengan 1000 tabung gas.
  • Memiliki jaringan usaha yang luas.
  • Sanggup membayar semua transaksi usaha secara tunai/cash.

Syarat-syarat untuk menjadi agen air minum dalam kemasan

  • Mempunyai gallon kosong sendiri setidaknya sebanyak 500 sampai 1000 galon atau modal awal usaha aqua galon sebesar Rp. 10 juta – Rp. 50 juta.
  • Minimal pemesanan sebanyak 7 ribu gallon per bulan selama 6 bulan berturut-turut, hal ini dimaksudkan agar biasa mendapat harga Spesial Order (SO) atau harga khusus (1 galon = Rp. 7.650).
  • Semua transaksi dilakukan secara tunai/cash kepada penyalur.
  • Memiliki jaringan usaha yang luas.
  • Memiliki team marketing dan armada angkut barang.

Kendala Usaha air galon dan gas

Setelah melihat prospek, ada baiknya juga jika Anda tahu masalah pendirian bisnis ini adalah adanya izin yang cukup ketat bagi mereka yang ingin membuka bisnis penjualan gas.

Ini terkait dengan barang yang dijual sebenarnya itu adalah barang yang mudah terbakar, jadi jika tidak hati-hati dapat menyebabkan kebakaran dan membahayakan banyak orang.

Selain itu, Anda juga harus mengantisipasi bahwa barang-barang tidak laku karena mereka menjual air minum dalam kemasan yang tidak seimbang antara merek-merek yang ada di pasaran dan yang tidak, terutama merek-merek baru, tentu akan merugikan. Hal ini dikemukakan oleh Ahmad Fauzi, pemilik Reza Utama.

Nah, ternyata tidak sulit untuk memulai usaha air galon dan gas? Selain menguntungkan, ternyata kembalinya modal terbilang cepat. Rata-rata hanya sekitar 1 tahun. Jika Anda tertarik, Anda bisa mulai sekarang juga. Selamat mencoba usaha air galon dan gas.

Post Author: Rihana Sibogandi

Sangat senang dengan dunia bisnis sehingga saya tertarik untuk menulis catatan online di tsar5e.com dan saya berharap apa yang sudah saya pelajari bisa berguna untuk semua orang yang membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.